Aneka Gaya Dunia TI Sambut Valentine


Screenshot Desktop Cinta (bamboomedia)

Jakarta – Untuk mereka yang merayakan, ada banyak cara untuk menyambut Valentine yang akan jatuh pada Sabtu, 14 Februari 2009. Berikut adalah beberapa gaya menyambut Valentine ala dunia teknologi informasi.

Darah di Hari Valentine

Thumbers, komunitas pengguna Blackberry di Bandung, akan merayakan Valentine berdarah. Bukan dalam arti seram, namun pada Hari Kasih Sayang itu mereka akan mendonorkan darahnya.

“Kita ingin berbagi kasih di hari valentine. Sebelumnya juga kita sudah pernah melakukannya di hari sumpah pemuda, tanggal 28 Oktober 2008 lalu,” ujar Soleh Ginanjar, member Thumbers kepada detikINET, Kamis (12/2/2009).

Donor darah tersebut akan dilakukan di PMI Cabang Kota Bandung, Jalan Aceh No 79. Menurut Gin Gin, demikian Soleh Ginanjar akrab dipanggil, sudah ada sekitar 45 orang yang akan mengikuti kegiatan itu.

Selain pada Valentine, aksi donor darah serupa diharapkan bisa menjadi kegiatan rutin Thumbers. “Kita akan bikin kegiatan ini rutin per 3 bulan,” pungkasnya.

Desktop Cinta Bamboomedia

Lain lagi yang dilakukan perusahaan software lokal Bamboomedia. Perusahaan yang banyak membuat piranti lunak pendidikan dan pembelajaran itu menelurkan aplikasi bernama Desktop Cinta.

Dengan tema warna pink, Desktop Cinta adalah aplikasi yang menggabungkan beberapa aplikasi ke sebuah lingkungan Desktop. Beberapa aplikasi yang dibundel termasuk empat buah game, Diary, Reminder, MyWork (shortcut untuk aplikasi pekerjaan), galeri foto hingga kata-kata mutiara.

Seperti diungkapkan Putu Sudiarta, salah satu pendiri Bamboomedia, kepada detikINET, Kamis (12/2/2009), desktop Cinta bisa diunduh dari situs Bamboomedia secara bebas biaya.

Luna Loves It

Toshiba, yang di Indonesia mengusung Luna Maya sebagai brand ambassador, juga membuat penawaran khusus Valentine. PT Aneka Infokom Tekindo selaku Toshiba Mobile Computing Partner menyiapkan diskon khusus di Februari 2009.

Toshiba Pink Series ditawarkan dengan program spesial yang mencakup paket produk kado Valentine senilai Rp 1 juta. Selain itu, dengan kupon khusus, tersedia cashback Rp 1.500.000 bagi pembelian di booth Toshiba di Plaza Semanggi (9-15 Februari 2009) dan Mal Taman Anggrek (16-22 Februari 2009).

Terdapat dua seri Notebook Pink yang ditawarkan Toshiba dalam program ini, Portege M800-E3316P dan Portege M800-E3317P. Seperti dikutip detikINET dari keterangan tertulis yang diterima, Kamis (12/2/2009), penawaran cashback hanya berlaku untuk EE3316P.

Virus di Hari Valentine

Momentum Valentine yang kadang dibarengi euforia di kalangan remaja dunia dimanfaatkan juga oleh pembuat virus dan program jahat lainnya. Waspadai, e-mail dengan judul romantis seperti ‘I Give My Heart to You’, ‘I Belong to You’ dan sejenisnya.

File-file jahat dengan nama romantis seperti ‘youandme.exe’, ‘meandyou.exe’, ‘love.exe’ menyebar via e-mail dan siap meremukkan sistem komputer mereka yang sedang kasmaran. Seperti dikutip detikINET dari Korea Times, Kamis (12/2/2009), virus itu berniat mencuri data pribadi dan bisa melambatkan kinerja sistem.

Program jahat bernama Waledac.C tersebut diketahui telah mulai menyebar sejak Januari 2009. Namun dikhawatirkan penyebarannya bisa semakin luas menjelang Hari Kasih Sayang. ( wsh / wsh )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s