Sensor Semaunya, Facebook Dituding Batasi Kebebasan

SAN FRANSISCO – Situs jejaring sosial Facebook memang memiliki kekuasaan penuh untuk melakukan sensor terhadap anggota atau group yang dinilai melanggar aturan yang dibuatnya. Namun, kali ini situs yang memiliki anggota 150 juta anggota itu, mulai melakukan sensor semaunya dan dinilai membatasi kebebasan seseorang untuk berekspresi.

Seperti dilansir WebProNews, Jumat (13/2/2009), seorang produser film independent Amerika Serikat, Luis Moro dan istrinya Bobbi Miller-Moro mengaku telah dikeluarkan dari BukuMuka itu. Pemblokiran terhadap akun keduannya disinyalir sarat dengan unsur politis. Pasalnya Luis dan Bobbi Miller merupakan seorang warga Amerika keturunan Kuba yang membuat grup untuk menghentikan embargo perdagangan yang dilakukan AS terhadap Kuba.

Namun, Facebook membantah keras jika pemblokiran tersebut disebabkan karena kepentingan politik. Situs yang didirikan Mark Zuckerberg tahun 2004 itu, menyatakan tudingan tersebut sangat tidak beralasan.

Luis selama ini, dikenal sebagai seorang produser film indie, seperti Love and Suicide, Anne B Real dan Lean Like a Cholo. Luis dan istrinya, yang juga seorang aktris itu, juga dikenal vokal untuk mendukung peraturan baru yang mengizinkan warga AS mengunjungi Kuba.

Bobbi mengungkapkan, Facebook telah menghapus akunnya pada Senin (9/2/2009) lalu sesaat setelah suaminya menuliskan sebuah tulisan yang mendukung aturan agar Amerika mencabut larangan perjalanan ke Kuba bagi warga AS.

“Suami saya hanya memposting sebuah tulisan bertajuk ‘The freedom to travel to Cuba Act’, kemudian akun suami saya hilang, dan saya tak dapat mempercayainya,” kata Bobbi.

Juru bicara Facebook, Barry Schnitt mengatakan, Luis sebelumnya telah mendapat peringatan yang menyatakan jika ia melebihi kuota untuk menambah teman dalam sehari, maka Facebook akan menghentikan akunnya. Tak hanya tulisan, Luis juga mengundang banyak orang untuk bergabung bersamanya mendukung Kuba.

“Sistem itu di desain untuk menghalau spammer yang mengirimkan banyak pesan, Saya yakin jika Luis menerima peringatan itu,” ujar Schnitt.

Saat ini, facebook telah mengembalikan kembali akun milik Luis dan mengirmkan sebuah e-mail yang berisikan permintaan maaf atas penghapusan akunnya itu.
(srn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s