Opera Turbo, Browser di Ponsel Secepat ‘Turbo’

BARCELONA – Sebuah layanan baru akan diluncurkan oleh Opera yang bertepatan dengan Mobile World Confrence (MWC), di Barcelona, pekan depan. Apa itu?

Browser anyar yang diberi nama Opera Turbo, diklaim oleh pengembangnya mampu menjelajah jagat maya secepat turbo. Bahkan, Opera mengatakan, kecepatannya mampu memotong data hingga 80 persen, atau sekitar 71 persen jika di laptop.

Namun, seperti Opera Mini, Opera Turbo yang lebih dikhususkan untuk ponsel cerdas adalah, server-side optimasi tool yang sepertinya akan membutuhkan sebuah server yang dibuat oleh Opera. Demikian yang dilansir PC Magazine, Minggu (15/2/2009).

“Opera Turbo telah menggunakan teknologi canggih untuk mempercepat transfer data dan untuk mengurangi jumlah data yang perlu diunduh untuk melihat halaman tersebut,” ujar juru bicara Opera dalam keterangan resmi yang ditulis di blognya.

“Solusi ini juga dirancang agar kompatibel dengan Opera Browser, Opera Mobile, dan Opera Perangkat SDK. Selain itu, Opera Turbo memiliki mekanisme untuk memotong optimasi server yang cepat dan membuat koneksi langsung ke internet, ” sambungnya.

Opera ini akan diluncurkan di MWC 2009 yang mencakup demonstrasi teknologi Opera. Opera Turbo, akan diujicobakan pada HTC HD, Samsung Omnia, dan Sony Ericsson Xperia, plus konsol game. (srn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s