Spam Naik ke Tingkat ‘Normal’ yang Membahayakan

JakartaSeperti yang telah diprediksi, volume spam terus meningkat dari pasca pemutusan server McColo dengan mencapai di atas 79% dari seluruh email di dunia dalam beberapa hari ini.

Padahal ketika server perusahaan hosting McColo diputus pada November lalu, diperkirakan spammer akan menghadapi kesulitan untuk mengirim pesan mereka dalam jangka pendek. Namun karena motif memperoleh keuntungan dari spammer tetap ada, kampanye spam yang baru pun kembali muncul.

Menurut laporan bulanan Symantec, kecepatan spammer kembali berbisnis bukannya tidak terduga. Pada Oktober 2008, Symantec melaporkan bahwa keberadaan zombie aktif di seluruh dunia mengalami pergeseran.

Amerika Serikat tetap memegang ‘kehormatan’ sebagai wilayah asal spam utama dan secara konsisten telah menjadi salah satu sumber spam terbesar, dengan kontribusi 23% terhadap peredaran spam di dunia.

Namun kontribusi spam dari AS diperkirakan akan terus menurun seiring waktu ketika semakin banyak orang di belahan dunia lainnya yang online pada abad ke-21.

Tanda-tanda tersebut saat ini sudah mulai terlihat, Botnet baru di Amerika Latin dan Asia misalnya, semakin mendorong kampanye spam pasca McColo dibungkam. Bahkan, Kolumbia dan Argentina telah bergabung dalam jajaran 10 besar daerah asal spam, sementara Brazil telah naik ke posisi kedua setelah AS.

Ada beberapa alasan di balik perubahan daerah asal spam. Tetapi yang jelas, meningkatnya investasi di infrastruktur TI bagi banyak negara menghasilkan pertumbuhan pengguna internet yang tinggi.

Negara-negara seperti Brazil, India dan Cina, memiliki kelas menengah yang sangat besar. Di kalangan ini penetrasi internet tinggi dan akses broadband yang meningkat. Sebab, undang-undang dan regulasi keamanan TI juga sangat bervariasi di seluruh dunia, penekanan pada keamanan mungkin tidak selalu menjadi pertimbangan utama.

Di samping pergeseran daerah asal spam, juga teramati adanya perubahan jenis pesan spam pasca McColo. Antara Oktober 2008 dan Januari 2009, Symantec telah memantau perubahan berikut di tingkat spam dengan kategori: spam kesehatan (3%), kenyamanan (3%), produk (4%).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s