50 Tahun, Lebih dari 50 Juta Kamera SLR Laku

JAKARTA, RABU — Lima puluh tahun silam, Canon mulai menjual kamera single-lens reflex (SLR). Pada Mei 1959 itu, perusahaan Jepang ini meluncurkan Canon Flex, kamera SLR 35mm pertamanya. Tahun demi tahun mereka mengembangkan teknologinya. Hari ini, sudah lebih dari 50 juta kamera SLR Canon laku terjual. Rinciannya: lebih dari 39 juta unit untuk kamera SLR berbasis film, dan lebih dari 14 juta unit untuk kamera Digital SLR. Banyak yah?

Ingin tahu sejarah mereka bukan? Inilah rekaman sejarah kamera SLR Canon.

Setelah Canon Flex, baru tahun 1971 Canon menghadirkan inovasi barunya, dalam bentuk kamera profesional pertama, F1. Lima tahun kemudian, dirilislah model AE-1. Ini merupakan kamera SLR pertama di dunia yang memiliki CPU built-in. Satu dasawarsa berikutnya muncul T90 yang laris manis di pasar.

Lalu Maret 1987, Canon meluncurkan EOS 650, kamera SLR pertama di dunia yang dilengkapi AF (autofocus) dengan dukungan electronic control. Seri EOS inilah yang sangat memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan kamera SLR yang menggunakan AF sampai detik ini. Model SLR pun dibagi dua: profesional dan entry-level. Jagoannya adalah EOS-1 yang terbit tahun 1989, dan EOS 500 yang muncul tahun 1993.

Era digital ditabuh Canon pada tahun 2000 melalui EOS D30. Moto mereka adalah cepat, mudah, dan bidikan berkualitas. Sensor CMSO dan prosesor gambar DIGIC pun dikembangkan secara konsisten. Begitu pula lensa seri EF untuk melengkapi kamera digital SLR seri EOS.

Tahun 2008, sebagai pemimpin pasar Digital SLR di dunia, Canon memperkenalkan 4 model DSLR baru, termasuk EOS450D yang menduduki posisi teratas penjualan di Jepang dan di pasar internasional lainnya. Saat ini sudah hadir Canon EOS 5D Mark II sebagai kamera Digital SLR yang mengusung teknologi full high-definition video recording yang menjadi pembicaraan hangat di dunia fotografi internasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s