nVidia Ikut Perang di Pasar MID

CALIFORNIA – nVidia mengumumkan akan mulai serius menggarap chip yang diperuntukan bagi Mobile Internet Device(MID).

Jajaran MID yang diperkuat oleh nVidia, nantinya akan diperkuat dengan chip nVidia Tegra 600, sehingga daya jelajah di dunia maya dengan menggunakan wi-fi ataupun 3G dapat dilakukan dengan konektifitas maksimal, yang tentunya dengan dukungan gambar full High Definition (HD).

Tidak hanya sampai disitu, MID berbasis Tegra ini bakal didukung dengan ukuran layar mulai 4 dan 12 inchi. Dengan sisipan Windows CE atau Google Android, MID ini bakal semakin lengkap ketangguhannya. Demikian yang dilansir Ventbea, Rabu (18/2/2009).

“MID berbasis Tegra menyerupai MID buatan Intel yang dibenamkan prosesor Atom. Tetapi kelebihannya terletak pada daya konsumsi listrik yang 10 kali lipat lebih sedikit,” terang General Manager nVidia, Michael Rayfield

Sebagai informasi, MID adalah sebuah gadget yang memang dikhususkan sebagai alat komunikasi yang mempunyai kemampuan setara laptop. Untuk ukuran, MID lebih kecil dari netbook, tetapi sedikit lebih besar dari ponsel cerdas. Selain itu, MID dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon dengan menggunakan jaringan pita lebar seperti Skype.

Sedangkan Chip Tegra, seperti yang dikutip Wikipedia, merupakan sistem on a chip yang menggabungkan CPU ARM dengan GPU grafis buatan nVidia sendiri, yaitu GeForce. Tegra sendiri merupakan chip yang menargetkan pada pangsa murah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s