LG Lebih Siap Bersaing di Pasar Ponsel ‘Green’

Belum lama ini LG mengumumkan akan memperkenalkan ponsel bertenaga surya. Sayangnya vendor ponsel asal Korea itu belum memberi nama ponsel tersebut. Serupa dengan ponsel Samsung, ponsel bertenaga surya LG itu masih menggunakan baterai.

Namun, baterai ponsel itu tidak diisi listrik biasa. Pengisian ulang baterai ponsel itu dilakukan dengan listrik dari panel surya yang diletakkan di penutup baterai ponsel tersebut. LG mengungkapkan, baterai ponsel itu terisi dengan energi yang cukup untuk bertelepon selama tiga menit setelah panel surya ponsel itu dikenai sinar matahari selama sepuluh menit. Apabila panel surya terkena sinar matahari lebih lama, maka baterai ponsel terisi lebih banyak energi sehingga ponsel bertenaga surya itu dapat beroperasi lebih lama seperti ponsel biasa.

LG menambahkan, ponsel bertenaga surya itu bisa juga di-charge dengan listrik seperti ponsel tradisional. Namun, panel surya pada ponsel itu tentu sangat bermanfaat dalam keadaan-keadaan darurat di mana pengguna berada di tempat yang tidak memiliki terminal listrik. Namun, pengguna dianjurkan mengisi ulang baterai ponsel itu dengan sinar matahari untuk mengurangi konsumsi listrik tradisional.

LG tampak lebih siap daripada Samsung, yang berencana memasok ponsel ramah lingkungan dengan tajuk Blue Earth, dalam memasarkan ponsel bertenaga surya karena LG berani mengungkap rencana untuk mulai memasarkan ponsel itu pada akhir tahun ini. Komitmen itu menyiratkan bahwa teknologi panel surya ponsel LG sudah matang dan siap digunakan konsumen secara umum.

“LG terus berinvestasi untuk menciptakan produk-produk yang tidak hanya mampu menyajikan pengalaman terbaik kepada pelanggan, juga mendorong gaya hidup ramah lingkungan. Ponsel bertenaga surya ini adalah salah satu buktinya,” sebut President & Chief Executive Officer LG Electronics Mobile Communications Co Dr Skott Ahn.

Ponsel bertenaga surya itu bukan alat elektronik ramah lingkungan pertama yang diperkenalkan LG. Dalam pameran elektronik konsumsi terbesar dunia Consumer Electronics Show 2009 yang berlangsung di Las Vegas, AS, pada Januari silam, LG sudah memperkenalkan kit tenaga surya LG HFB-500 Bluetooth.

Inisiatif penyelamatan lingkungan tidak hanya muncul pada para produsen ponsel Korea Selatan, yaitu Samsung dan LG. Produsen ponsel Amerika Serikat Motorola pada Januari 2009 sudah memperkenalkan ponsel yang terbuat dari material plastik daur ulang. Ponsel itu bernama MOTO W233 Renew. Serupa dengan ponsel Blue Earth dari Samsung, W233 diproduksi menggunakan material dari botol plastik bekas pembungkus air minum. Motorola juga menyatakan, W233 adalah ponsel pertama dunia menggunakan material bebas karbon.

Namun, tidak seperti ponsel ramah lingkungan dari Samsung dan LG, W233 tidak dilengkapi panel surya. Karena itu, pengguna W233 harus melakukan pengisian ulang baterai secara tradisional, yakni dengan menghubungkan ponsel itu ke terminal listrik.

Namun, Motorola menegaskan, W233 adalah ponsel hemat energi karena memiliki waktu bicara hingga sembilan jam. Kotak kemasan W233 pun 100 persen menggunakan kertas daur ulang. Saat ini, W233 sudah dipasarkan operator seluler T-Mobile USA Inc di AS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s